Latest Updates

Cara Membuat Ketupat Lebaran

Belajar Membuat Ketupat Wah Hari selasa kita lebaran nih mumpung ada waktu luang sembari mengerjakan tugas kuliah hari raya nih ane berbagi tips membuat ketupat walaupun bukan ane yang buat tutorial tetapi ane harap dapat membantu buat ibu-ibu atau yang mau berbisnis sebelum lebaran kita simak cara membuatnya.
Ketupat identik sebagai hidangan spesial Lebaran, tradisi ketupat ini diperkirakan berasal dari saat Islam masuk ke tanah Jawa.

Dalam sejarah, Sunan Kalijaga adalah orang yang pertama kali memperkenalkannya pada masyarakat Jawa. Beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu “Ba'da Lebaran” dan “Ba'da Kupat”. Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran. Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut, di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda. Setelah sudah selesai dimasak, kupat tersebut diantarkan ke kerabat yang lebih tua, menjadi sebuah lambang kebersamaan. 

Ketupat sendiri menurut para ahli memiliki beberapa arti.
Pertama, mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia, dilihat dari rumitnya anyaman bungkus ketupat. Yang kedua, mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan, dilihat dari warna putih ketupat jika dibelah dua. Yang ketiga mencerminkan kesempurnaan, jika dilihat dari bentuk ketupat. Semua itu dihubungkan dengan kemenangan umat Muslim setelah sebulan berpuasa dan akhirnya menginjak hari yang fitri/idul adha.
Lantas bagaimana cara membuat ketupat?

Awalnya memang sulit karena ruwetnya.Sebenarnya dalam membuat ketupat hanya butuh telaten karena langkah-langkah pembuatannya cukup sederhana dan mudah diingat.
Kita Coba step2 nya download disini : Download_tutorial_bikin_ketupat

0 Response to "Cara Membuat Ketupat Lebaran"

Post a Comment